Friday, January 23, 2009

PERTEMUAN SUKAKESWAN SIMALUNGUN-DAIRI


Workshop Sukakeswan Simalungun dan Dairi di desa Mbinanga, Kabupaten Dairi

Program SUKAKESWAN (Sukarelawan Kesehatan Hewan) untuk Sumatera Utara telah berlangsung sejak tahun 2005. Banyak hal yang telah diperoleh oleh para kader ini, baik keberhasilan, kegagalan dalam pelayanan kesehatan ternak di kelompok dan di masyarakat. Dari beberapa kali pertemuan dengan SUKAKESWAN di berbagai tempat, dirasa perlu untuk bertemu, untuk saling berbagi pengalaman, meningkatan pengetahuan serta membangun jejaring internal antar SUKAKESWAN juga dengan pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah setempat.


Untuk menjembatani kebutuhan tersebut, dengan dukungan Heifer Internasional Indonesia, maka diselenggarakan pertemuan Sukakeswan pada tanggal 21 Januari 2009 di Desa Mbinanga Tiga Lingga (RDA). Adapun kader Sukakeswan yang hadir adalah kader dari Bina Insani, Yayasan cinta Desa, YBTI, YCK dan RDA. Pesrta yang hadir berjumlah 28 orang.

Hasil dari Pertemuan ini adalah berbagi keberhasilan dan kegagalan dalam manajemen pemeliharaan ternak, antara lain :

1. Pengobatan gatal-gatal pada ternak kambing dan babi
2. Peningkatan berat badan ternak/penggemukan ternak babi melalui komposisi pakan

3. Tehnik penyuntikan pada ternak yang sakit
4. Tehnik pemberian obat pada ternak yang sulit beranak
5. Pemeliharaan kelinci sebagai sumber pendapatan alternatif dan juga potensi air seni kelinci
6. Pertemuan lebih lanjut untuk mendukung tugas dan pelayanan Sukakeswan.
7. Ide untuk pelatihan inseminasi buatan (IB) pada babi dan kambing
8. Perencanaa pertemuan pada minggu pertama atau kedua bulan Maret 2009 di siantar
9. Bina Insani sebagai tuan rumah. praktek akan dilakukan di Mapu dan Kerasaan.

Kesimpulan

1.Pada dasarnya pencegahan penyakit sangat penting dilakukan terhadap ternak melalui perhatian dan pemeliharaan yang baik (pakan yang cukup dan memenuhi komposisi gizi, sanitasi kandang, pencatatan). Namun jika ternak terlanjur sakit, maka diupayakan mencari obat-obatan yang alami-yang bisa diperoleh dari daerah sekitar. Selain lebih murah, juga mudah didapat. Maka upaya untuk mencari sumber-sumber obat alternatif masih perlu digali dan ditemukan.

2.Pertemuan seperti ini sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman antar kader sukakeswan, walaupun program kerjasama dengan Heifer sudah selesai. Dengan cara seperti ini maka akan ada penyebaran ada informasi baru tentang penyakit ternak. metoda baru dalam peningkatan kualitas ternak melalui komposisi pakan, pengolahan pertanian organik, pembuatan pupuk alam, pembuatan pestisida alam, konsep pemasaran ternak, dan sebagainya.
3.Pertemuan seperti ini juga dapat meningkatkan kerjasama dengan pemerintah setempat.

1 comment:

Anonymous said...

mbinangaku... TC RDA jaman dulu.... ckckckkckckck..
ada omakku juga... maju terus mbinanga...

asmaria saragih

Siapakah diantara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? (matius 6:27)

Jika anda tahu bahwa Anda harus menunggu, mengapa tidak memilih untuk menikmati hidup ini sambil Anda menunggu? Mengapa tidak bergembira sementara Tuhan sedang bekerja mengubah sesuatu?

ANTUSIASME 2008

Sungai dan laut bisa merajai ratusan lembah adalah karena mereka lebih rendah dari lembah-lembah-lembah lainnya, maka mereka menjadi pemimpinnya.

sebab itu, kalau ingin mengatasi manusia bicaralah dengan gaya merendah, kalau ingin memimpin manusia, bicaralah dengan gaya seoloah-olah dirimu tertinggal di belakang.

Begitulah orang suci berada di atas tanpa memberatkan manusia lainnya, berada di depan tanpa menghalangi manusia lainnya, berada di depan tanpa menghalangi menusia lainnya maka seisi dunia merasa bahagia dan tak bosan mendorongnya.

Karena ia tak bersaing, maka ia tak tersaingi.. (laozi)